RADICALTHOUGHT –┬áKaredok merupakan salah satu hidangan khas Sunda yang banyak digemari karena kesegarannya. Hidangan ini terdiri dari berbagai sayuran mentah yang dipadukan dengan sambal kacang yang kaya rasa. Karedok cocok dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menikmati makanan ringan namun tetap bernutrisi. Berikut ini adalah cara membuat Karedok yang bisa Anda praktikkan di rumah dengan mudah.

Bahan-bahan:

  1. Kol – 150 gram, iris tipis
  2. Mentimun – 1 buah, potong dadu
  3. Tauge – 100 gram, buang akarnya
  4. Kemangi – 1 ikat kecil, ambil daunnya
  5. Terong hijau – 1 buah, potong dadu (opsional)
  6. Kacang panjang – 100 gram, potong sepanjang 2 cm

Bahan Sambal Kacang:

  1. Kacang tanah goreng – 150 gram
  2. Cabai merah keriting – 3 buah
  3. Cabai rawit – sesuai selera
  4. Bawang putih – 1 siung
  5. Gula merah – 1 sdm, serut
  6. Garam – 1/2 sdt
  7. Air asam jawa – 2 sdm
  8. Air matang – secukupnya untuk menghaluskan

Langkah Pembuatan:

  1. Sambal Kacang: Haluskan kacang tanah goreng bersama dengan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, gula merah, dan garam menggunakan ulekan atau blender. Tambahkan air asam jawa dan air matang sedikit demi sedikit hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.
  2. Sayuran: Siapkan semua sayuran yang telah dipotong. Pastikan sayuran bersih dan segar untuk mendapatkan rasa dan kualitas terbaik pada Karedok Anda.
  3. Campur Sambal dengan Sayuran: Dalam wadah besar, campurkan sayuran yang telah disiapkan dengan sambal kacang, aduk secara perlahan hingga semua sayuran terlapisi dengan sambal kacang secara merata.
  4. Penyajian: Sajikan Karedok dalam suhu ruang atau dingin untuk menambah kesegaran. Anda juga bisa menambahkan kerupuk atau emping sebagai pelengkap.

Penutup:
Karedok hadir sebagai alternatif salad yang menyegarkan dengan sentuhan sambal kacang yang gurih dan sedikit pedas. Hidangan ini sangat cocok disantap saat cuaca panas atau sebagai pelengkap makan siang Anda. Selain itu, Karedok juga kaya akan vitamin dan serat dari sayuran-sayuran segarnya. Nikmati kelezatan Karedok yang tidak hanya menyenangkan lidah, namun juga baik untuk kesehatan Anda. Selamat mencoba resep ini dan semoga Anda terinspirasi untuk terus mengkreasikan masakan khas Nusantara!